Minggu, 28 Oktober 2012

AUPF #11 @ Dongseo University, Busan, Korea Selatan

Rektor UNISSULA Wakili Indonesia dalam Asian University Presidents Forum (AUPF) di Korea Selatan

Oleh : Marlis Herni Afridah *

Asian University Presidents Forum (AUPF) adalah Forum Rektor Asia yang berfokus dalam menjalin kerjasama pendidikan universitas-universitas di Asia. Tujuan utama dari kerjasama tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Asia. Prof. Laode M. Kamaluddin, M.Sc. M.Eng. Ph.D sebagai rektor Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, merupakan salah satu inisiator dan kontributor yang berperan penting dalam AUPF. Beliau adalah konseptor Asian Cyber Network University (ACNU). Sebuah konsep yang akan digunakan oleh AUPF untuk revolusi  pendidikan di Asia.
Bagi Prof. Laode, pendidikan adalah instrumen mendasar yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Asia yang hari ini sedang memimpin pertumbuhan ekonomi dunia, harus memperhatikan pendidikan sebagai media utama pembangunan bibit unggul yang berkualitas sehingga dengan demikian dapat menunjang kesinambungan pertumbuhan ekonomi di Asia.
 
Sayangnya, model pendidikan konvensional sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman. Generasi hari ini adalah cyber generation. Mereka hidup dalam budaya dan kultur yang sangat lekat dengan teknologi informasi dimana mereka dapat menikmati akses terhadap informasi dengan begitu cepat. Revolusi pendidikan berbasis IT perlu diupayakan untuk menunjang kebutuhan zaman. Pendidikan yang berkualitas harus ditunjang dengan teknologi informasi sebagai salah satu instrumen dasarnya. Sehingga dengan demikian, akan tercipta model pendidikan baru yang sesuai kebutuhan zaman dan dapat mencetak bibit-bibit unggul yang mampu membangun peradaban masa depan yang cemerlang.
Atas dasar inilah, Prof Laode, menawarkan konsep revolusi pendidikannya kepada AUPF dan akan mempresentasikan makalahnya yang berjudul From Leading Economic Growth to Educational revolution dalam Asian University presidents Forum (AUPF) ke-11 yang akan diadakan di Dongseo University, Busan, Korea Selatan pada tanggal 28-31 Oktober 2012 dengan tema The Era of Asia : Creating a cooperative Network of Asia Universities.
Sumbangan pemikiran Prof. Laode untuk revolusi pendidikan di Asia adalah sumbangan UNISSULA, sekaligus sumbangan Indonesia untuk masa depan Asia. Asia bukan lagi pengekor. Asia kini adalah pemimpin dalam pertumbuhan ekonomi yang akan terus melahirkan dan membina bibit-bibit unggul sebagai para calon pemimpin masa depan bukan hanya di Asia, tetapi juga di dunia.
Prestasi Prof Laode selaku Rektor UNISSULA menandai semangat UNISSULA untuk merealisasikan misinya menjadi world class Islamic Cyber University pertama di Indonesia.
*Penulis adalah Asisten Prof. Laode M. Kamaluddin, M.Sc. M.Eng. Ph.D dalam Asian University Presidents Forum di Dongseo University, Busan, Korea Selatan.

3 komentar:

  1. Ke Korea apa yang kau cari?
    Plesetan dari "Ke Gontor apa yang kau cari?"
    JADILAH ORANG besar.
    Orang besar adalah orang yang mencari ilmu setinggi-tingginya, tapi mau mengajarkannya ke orang yang serendah-rendahnya. Orang besar adalah orang yang mencari rizki sebanyak-banyaknya, dan memberikan semuanya untuk orang lain. Untuk dia dan keluarganya, makan dan minum secukupnya untuk tetap sehat, agar senantiasa bisa beribadah. Orang besar adalah dia yang senantiasa berhias dengan iman, dia yang senantiasa belajar, dia yang senantiasa beramal shaleh. Orang besar adalah dia yang selalu dianggap kecil, tapi tetap berproduktif.

    BalasHapus
  2. Mantab infonya. Keren abiss!!

    By: Amron Badriza - Mahasiswa Teknik Informatika Informatika UNISSULA

    BalasHapus