Selasa, 12 Juni 2012

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

STUDI KELAYAKAN BISNIS
ONLINE SHOP HOUSE
Guna Memenuhi Tugas Kuliah Manajeman Proyek

Dosen Pengampu :
Mustafa, ST.MM

Disusun Oleh :
Marlis Herni Afridah (262090236)



TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG
SEMARANG
2012
_______________________________________________________________

Proposal Inovasi Bisnis Berbasis TIK
Nama Proposal:
Online Shop House
Nama Peserta:
Marlis Herni Afridah
Email Peserta:
marlisherniafridah@gmail.com

DAFTAR ISI

Bagian I Data Peserta
Bagian II Risalah Bisnis
Bagian III Rencana Bisnis
1.     Ringkasan Eksekutif
2.     Pasar dan Peluang
3.     Model Bisnis
3.1.                      Apa, Siapa, dan Mengapa
3.2.                      Analisa SWOT
4.     Perencanaan Pemasaran
4.1.                      Strategi Produk
4.2.                      Strategi Distribusi
4.3.                      Strategi Promosi
4.4.                      Strategi Harga
5.     Perencanaan Operasional
5.1.                      Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
5.2.                      Manajemen Waktu Selama 3 Tahun  
6.     Perencanaan Keuangan
6.1.                      Investasi yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
6.2.                      Alokasi Investasi ke Biaya Selama 3 Tahun
6.3.                      Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun
Lampiran:
·        Profil Pendiri
Bagian I : Data Peserta
Data Pribadi Penanggungjawab Proposal (wajib diisi)
1
Nama
 Marlis Herni Afridah
2
Alamat
 Univ. Islam Sultan Agung
3
Kota
Semarang
4
Telepon 1
 0856xxxxxxxx
5
Telepon 2
 0813xxxxxxxx
6
Email
 marlisherniafridah@gmail.com
7
Twitter
 Focusing on a leading social network to build networking : Facebook
8
Status*
Mahasiswa














Data Proposal (wajib diisi)




17
Nama Inovasi Bisnis
 Online Shop House
18
Deskripsi Singkat
Software House di bidang jasa pembuatan toko online
19
Website/blog/media
 Marlisherniafridah.blogspot.com
20
Status*
IDE

Pernyataan (wajib diisi)
18
Saya bersedia mengikuti kompetisi IMULAI 4.0 dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Panitia. Saya menyatakan bahwa data yang diisi di dalam proposal ini adalah benar. Saya memberikan hak kepada USAID dan Microsoft untuk  menggunakan data yang saya berikan ini untuk keperluan kompetisi IMULAI 4.0. Saya telah memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dari semua pihak yang terkait dengan proposal ini sehingga saya berhak untuk mewakili dan mengikutsertakan proposal ini di IMULAI 4.0. Pernyataan ini benar menjadi sah ketika saya mengirim proposal kepada Panitia.

YA
Bagian II : Risalah Bisnis
Ø Pasar dan Peluang
Teknologi informasi akan memimpin di abad 21. Segala bidang kehidupan akan semakin maju dan berkembang jika didukung oleh perangkat teknologi informasi. Di saat yang sama, ekonomi merupakan faktor fundamental sebagai salah satu pilar peradaban. Ekonomi akan menentukan bagaimana nasib dan masa depan dunia. geliat ekonomi terlihat cukup menggembirakan di Indonesia. Dengan lebih dari 70juta warganya yang melek internet dan mulai masuk dalam pergaulang komunitas global, mereka nampak semakin kreatif dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan hidup. Tak ayal, segala transaksi mulai berjalan melalui teknologi internet. Fenomena ini menjadi sinyal positif bagi kami untuk membantu mengembangkan sistem informasi bagi mereka yang hendak mengembangkan sayap bisnisnya di dunia cyber. Untuk kepentingan ini, kami menyediakan jasa pembuatan toko online kepada pihak swasta baik individu maupun institusi. Pembuatan toko online adalah prospek yang sangat bergairah dalam mengembangkan bisnis berbasis teknologi informasi di masa sekarang dan masa yang akan datang. Karena abad 21 adalah abad teknologi informasi.
Ø Perencanaan Pemasaran
Pemasaran Online Shop House kami upayakan melalui sebuah website resmi marlisherniafridah.blogspot.com. Disana calon pelanggan bisa melihat segala layanan yang kami sediakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kami menyediakan berbagai template dan contoh toko online dengan tingkat kerumitan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda satu sama lain. Website resmi kami PR-kan melalui berbagai sarana seperti iklan di social network atau iklan baris di berbagai website ternama seperti kompas.com atau republika.co.id.
Ø Model Bisnis
Online Shop House adalah bisnis di bidang jasa pembuatan toko online berbasis teknologi informasi.
Ø Perencanaan Operasional
Dalam marlisherniafridah.blogspot.com kami menyediakan layanan elektronik yang dapat ditransaksi secara otomatis oleh calon pelanggan. Mereka dapat memilih dan menentukan toko online seperti apa yang mereka butuhkan dengan pilihan batas waktu pembuatan yang telah kami sediakan beserta daftar harga. Selanjutnya, calon pelanggan bisa mendatangi lembaga keuangan (Teller bank, atm, dll) yang telah menjadi mitra kami untuk melakukan transaksi pembayaran. Setelah proses pembayaran selesai mereka dapat men-submit kode yang mereka peroleh dari bank di formulir yang telah mereka isi di website kami sebagai bukti bahwa pembayaran telah selesai. Proses selanjutnya. Mereka tinggal menunggu toko online yang mereka pesan selesai dikerjakan sesuai batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Kami tidak cuci tangan dalam proses transaksi. Kami meyediakan jasa Costumer Service untuk menunjang kepuasan pelanggan.
Ø Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan Selama 3 Tahun :
Investasi
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Owner
Rp 10.000,-
Rp 10.000,-
Rp 10.000,-
Investor
Rp 5.000.000,-
Rp 15.000.000,-
Rp 25.000.000,-
Total
Rp 5.010.000,-
Rp 15.010.000,-
Rp25.010.000,-
Alokasi Investasi ke Biaya Selama 3 Tahun :
Biaya
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Belanja Modal
Rp 1.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Rp 5.000.000,-
HPP
-
-
-
Gaji
Rp 6.000.000
Rp 12.000.000,-
Rp 18.000.000,-
Pemasaran
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Operasional
Rp 2.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Rp 4.000.000,-
Total
Rp 11.000.000,-
Rp 20.000.000,-
Rp 30.000.000,-

Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun :
Pendapatan
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Produk /Jasa
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Proyek
48
96
192
Total
Rp 96.000.000,-
Rp 192.000.000,-
Rp 384.000.000,-
 Ket : Pendapatan = Produk / Jasa * Jumlah Proyek (Dengan asusmsi laba Rp 2.000.000/proyek)
Bagian III : Rencana Bisnis
1.     Ringkasan Eksekutif
Online Shop House membantu individu dan lembaga (swasta) untuk mengembangkan sayap bisnisnya dengan lebih luas di dunia cyber. Kami berkomitmen pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami. Memahami kebutuhan para pebisnis, kami meyediakan layanan / jasa pembuatan toko online dengan sistematika transaksi yang mudah, efektif dan efisien. Kami juga menyediakan layanan Customer Service untuk membantu pelanggan mengoperasikan roda bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tagline kami Online Shop house : Commited to You menjamin totalitas kami dalam memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan.
2.     Pasar dan Peluang
Sekitar 70juta pengguna internet di Indonesia yang berkomitmen mengembangkan sayap bisnisnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
3.     Model Bisnis
3.1  Apa, Siapa dan Mengapa
Kami menyediakan jasa pembuatan toko online dengan spesifikasi dan presisi tingkat tinggi yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Kami menyediakan layanan yang dapat membantu para pelanggan untuk mengembangkan bisnis mereka secara lebih baik dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi.
Pelanggan kami adalah para entrepreneur yang secara kreatif mau memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan bisnis mereka
Toko online sudah selayaknya menjadi perhatian para entrepreneur karena terbukti memiliki prospek jangka panjang yang sangat baik untuk sarana pengembangan bisnis. Internet memastikan seorang entrepreneur dapat berinteraksi secara real time dengan para pelanggannya. Dengan waktu dan jangkauan geografis yang unlimited, internet menjadi pangsa pasar yang tidak bisa dianggap remeh. Karena siapa yang mengabaikan teknologi informasi akan tertinggal. Abad 21 adalah abad teknologi informasi.
3.2 Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
1.      Jangkauan bisnis dan pangsa pasar yang unlimited
2.      Tidak terikat waktu
3.      Transaksi elektronik secara otomatis
4.      Efektif dan efisien
5.      Berorientasi Customer Satisfaction
6.      Menjangkau semua kalangan : Menengah & Atas
7.      Berada dalam momentum yang tepat : Kemajuan Teknologi informasi
8.      Potensi laba tinggi sehingga menyehatkan investasi
Weakness (Kelemahan)
1.      Bidang usaha yang baru dirintis sehingga memiliki banyak kelemahan terutama dalam manajemen dan operasional
Opportunity (Peluang)
1.      70Juta lebih pengguna internet di Indonesia sebagai calon pelanggan
2.      Berkembangnya teknologi informasi
3.      Kenyataan dan kesadaran masyarakat bahwa teknologi informasi sangat memiliki andil dalam menunjang kemajuan berbagai bidang kehidupan terutama dalam bisang ekonomi / dunia bisnis.
Threat (Ancaman) 
1.      Munculnya kompetitor-kompetitor baru di bidang yang sama
2.      Potensi timbulnya chaos di luar kendali manajemen

4.     Strategi Pemasaran
4.1  Strategi Product
Kami berorientasi pada kepuasan pelanggan, maka dari itu kami menyediakan produk yang sangat sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam upaya mengembangkan bisnisnya dengan sarana teknologi informasi berupa toko online. Kami mendahulukan audiensi sebelum proses produksi untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga kami dapat menghasilkan produk terbaik bagi pelanggan. Online Shop House Always Listening Always Understanding.
4.2  Strategi Distribusi
Setelah proses pemesanan selesai dilakukan dan produk telah selesai dikerjakan, langkah selanjutnya adalah distibusi produk kepada pelanggan. Metode pendistribusian dilakukan dengan cara yang telah disepakati oleh kedua belah pihak baik online maupun offline.
4.3  Strategi Promosi
Promosi kami lakukan dengan meminta testimoni dari pelanggan tentang kesan mereka terhadap Online Shop House. Kami mem-PR-kan testimoni mereka di jaringan pemasaran kami di berbagai social media dan website ternama. Kami menjaga citra dengan tidak melakukan promosi di sembarang tempat yang berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat alias promosi sampah.
4.4  Strategi Harga
Kami menyediakan produk/jasa dengan harga yang terjangkau. Harga ditentukan oleh tingkat kerumitan produk yang diminta oleh calon pelanggan. Kami menyediakan diskon khusus pada waktu-waktu tertentu dan hadiah / doorprize bagi para pelanggan. Kami juga menyediakan harga khusus bagi pelanggan tetap kami dan bonus sebagai apresiasi bagi para pelanggan yang telah merekomendasikan Online Shop House kepada rekan-rekannya untuk menjadi mitra kami.
5.     Perencanaan operasional
5.1  Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Selama 1 Tahun
Dibutuhkan minimal 1 karyawan dalam satu tahun dan harus bertambah satu karyawan setiap tahunnya untuk menangani komplesitas perkembangan Online Shop House dari masa ke masa.
5.2  Manajemen Waktu Selama 3 Tahun
Kami menggunakan jam kerja secara teratur sebanyak 8 jam/ hari. Online Shop House juga menerapkan berbagai aturan tentang manajemen waktu demi efektifitas dan efisiensi kerja perusahaan. Kami mengalokasikan banyak waktu untuk media pemasaran karena pemasaran adalah nadi dalam bisnis kami. Kami juga membuat target untuk produktivitas perusahaan sebagai berikut :
Tahun 1           : 4 proyek / bulan
Tahun 2           : 8 proyek / bulan
Tahun 3           : 16 proyek / bulan
6.     Perencanaan Keuangan
6.1  Investasi yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
Investasi yang dibutuhkan untuk memutar roda perusahaan semakin bertambah setiap tahun. Untuk mengetahui detail angka investasi, dapat dilihat pada tabel Perencanaan Keuangan selama 3 Tahun.
6.2  Alokasi ke Biaya Selama 3 Tahun
Alokasi biaya selama 3 tahun meliputi belanja modal, HPP, gaji karyawan, pemasaran dan operasional. Detail Alokasi ke Biaya Selama 3 Tahun dapat dilihat dalam tabel Alokasi ke Biaya Selama 3 Tahun.
6.3  Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun
Dengan menerapkan target produksi yang semakin meningkat tiap tahun, maka potensi pendapatan dapat diproyeksi dengan cukup jelas. Proyeksi pendapatan dihitung dengan asumsi laba/ proyek rata-rata Rp 2.000.000,- dengan jumlah proyek yang secara lebih detail dapat dilihat pada tabel Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun.
LAMPIRAN
Profil Pendiri :
Marlis Herni Afridah    
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Terlibat dalam beberapa organisasi baik regional maupun nasional. Ia adalah presiden HIPMI–Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) Unissula, sebuah organisasi Mahasiswa tingkat nasional yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia di bawah asuhan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Online Shop House adalah rencana bisnis pertamanya (ide) yang berbasis TIK. Sebelumnya ia mengembangkan bisnis di bidang fashion muslimah yang juga dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga ia mampu menembus pasar para mahasiswi di Malaysia terutama di kawasan International Islamic University Malaysia (IIUM). Pengembangan bisnis di bidang teknologi informasi sangat menarik minatnya karena sebuah kesadaran bahwa abad 21 adalah abad teknologi informasi seperti yang sering diucapkan sosok inspiratifnya, Prof. Laode M. Kamaluddin, Ph.D dalam beberapa kali kesempatan obrolan ringan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar