STUDI KELAYAKAN BISNIS
ONLINE SHOP HOUSE
Guna Memenuhi Tugas Kuliah Manajeman Proyek
Mustafa, ST.MM
Disusun Oleh :
Marlis Herni Afridah (262090236)
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG
SEMARANG
2012
_______________________________________________________________
Proposal Inovasi Bisnis Berbasis TIK
Nama Proposal:
|
Online Shop House
|
Nama Peserta:
|
Marlis Herni Afridah
|
Email Peserta:
|
marlisherniafridah@gmail.com
|
DAFTAR ISI
Bagian I Data Peserta
Bagian II Risalah Bisnis
Bagian III Rencana Bisnis
1.
Ringkasan Eksekutif
2.
Pasar dan Peluang
3.
Model Bisnis
3.1.
Apa, Siapa, dan Mengapa
3.2.
Analisa SWOT
4.
Perencanaan Pemasaran
4.1.
Strategi Produk
4.2.
Strategi Distribusi
4.3.
Strategi Promosi
4.4.
Strategi Harga
5.
Perencanaan Operasional
5.1.
Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
5.2.
Manajemen Waktu Selama 3 Tahun
6.
Perencanaan Keuangan
6.1.
Investasi yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
6.2.
Alokasi Investasi ke Biaya Selama 3 Tahun
6.3.
Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun
Lampiran:
·
Profil
Pendiri
Bagian I : Data Peserta
Data Pribadi Penanggungjawab Proposal (wajib diisi)
|
||||||
1
|
Nama
|
Marlis Herni Afridah
|
||||
2
|
Alamat
|
Univ. Islam Sultan Agung
|
||||
3
|
Kota
|
Semarang
|
||||
4
|
Telepon 1
|
0856xxxxxxxx
|
||||
5
|
Telepon 2
|
0813xxxxxxxx
|
||||
6
|
Email
|
marlisherniafridah@gmail.com
|
||||
7
|
Twitter
|
Focusing on a leading social network to build
networking : Facebook
|
||||
8
|
Status*
|
Mahasiswa
|
||||
Data Proposal (wajib diisi)
|
||||||
17
|
Nama Inovasi Bisnis
|
Online Shop House
|
||||
18
|
Deskripsi Singkat
|
Software
House di bidang jasa pembuatan toko online
|
||||
19
|
Website/blog/media
|
Marlisherniafridah.blogspot.com
|
||||
20
|
Status*
|
IDE
|
Pernyataan (wajib diisi)
|
||
18
|
Saya bersedia mengikuti kompetisi IMULAI 4.0 dan
mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Panitia. Saya menyatakan bahwa data
yang diisi di dalam proposal ini adalah benar. Saya memberikan hak kepada
USAID dan Microsoft untuk menggunakan
data yang saya berikan ini untuk keperluan kompetisi IMULAI 4.0. Saya telah
memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dari semua pihak yang terkait dengan
proposal ini sehingga saya berhak untuk mewakili dan mengikutsertakan
proposal ini di IMULAI 4.0. Pernyataan ini benar menjadi sah ketika saya
mengirim proposal kepada Panitia.
|
YA
|
Bagian II : Risalah Bisnis
Ø Pasar dan
Peluang
Teknologi informasi akan memimpin di abad 21. Segala
bidang kehidupan akan semakin maju dan berkembang jika didukung oleh perangkat
teknologi informasi. Di saat yang sama, ekonomi merupakan faktor fundamental
sebagai salah satu pilar peradaban. Ekonomi akan menentukan bagaimana nasib dan
masa depan dunia. geliat ekonomi terlihat cukup menggembirakan di Indonesia.
Dengan lebih dari 70juta warganya yang melek internet dan mulai masuk dalam
pergaulang komunitas global, mereka nampak semakin kreatif dalam upaya mempertahankan
dan meningkatkan kesejahteraan hidup. Tak ayal, segala transaksi mulai berjalan
melalui teknologi internet. Fenomena ini menjadi sinyal positif bagi kami untuk
membantu mengembangkan sistem informasi bagi mereka yang hendak mengembangkan
sayap bisnisnya di dunia cyber. Untuk kepentingan ini, kami menyediakan jasa
pembuatan toko online kepada pihak swasta baik individu maupun institusi.
Pembuatan toko online adalah prospek yang sangat bergairah dalam mengembangkan
bisnis berbasis teknologi informasi di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Karena abad 21 adalah abad teknologi informasi.
Ø Perencanaan
Pemasaran
Pemasaran Online
Shop House kami upayakan melalui sebuah website resmi
marlisherniafridah.blogspot.com. Disana calon pelanggan bisa melihat segala
layanan yang kami sediakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kami menyediakan
berbagai template dan contoh toko online dengan tingkat kerumitan yang berbeda
untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda satu sama lain. Website resmi
kami PR-kan melalui berbagai sarana seperti iklan di social network atau iklan
baris di berbagai website ternama seperti kompas.com atau republika.co.id.
Ø Model Bisnis
Online Shop House adalah bisnis di bidang jasa pembuatan
toko online berbasis teknologi informasi.
Ø Perencanaan
Operasional
Dalam marlisherniafridah.blogspot.com kami menyediakan
layanan elektronik yang dapat ditransaksi secara otomatis oleh calon pelanggan.
Mereka dapat memilih dan menentukan toko online seperti apa yang mereka
butuhkan dengan pilihan batas waktu pembuatan yang telah kami sediakan beserta
daftar harga. Selanjutnya, calon pelanggan bisa mendatangi lembaga keuangan
(Teller bank, atm, dll) yang telah menjadi mitra kami untuk melakukan transaksi
pembayaran. Setelah proses pembayaran selesai mereka dapat men-submit kode yang
mereka peroleh dari bank di formulir yang telah mereka isi di website kami
sebagai bukti bahwa pembayaran telah selesai. Proses selanjutnya. Mereka
tinggal menunggu toko online yang mereka pesan selesai dikerjakan sesuai batas
waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Kami tidak cuci tangan dalam proses transaksi.
Kami meyediakan jasa Costumer Service
untuk menunjang kepuasan pelanggan.
Ø Perencanaan
Keuangan
Perencanaan Keuangan Selama 3 Tahun :
Investasi
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Owner
|
Rp 10.000,-
|
Rp 10.000,-
|
Rp 10.000,-
|
Investor
|
Rp 5.000.000,-
|
Rp 15.000.000,-
|
Rp 25.000.000,-
|
Total
|
Rp 5.010.000,-
|
Rp 15.010.000,-
|
Rp25.010.000,-
|
Alokasi Investasi ke Biaya Selama 3 Tahun :
Biaya
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Belanja Modal
|
Rp 1.000.000,-
|
Rp 3.000.000,-
|
Rp 5.000.000,-
|
HPP
|
-
|
-
|
-
|
Gaji
|
Rp 6.000.000
|
Rp 12.000.000,-
|
Rp 18.000.000,-
|
Pemasaran
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 3.000.000,-
|
Operasional
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 3.000.000,-
|
Rp 4.000.000,-
|
Total
|
Rp 11.000.000,-
|
Rp 20.000.000,-
|
Rp 30.000.000,-
|
Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun :
Pendapatan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Produk /Jasa
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 2.000.000,-
|
Proyek
|
48
|
96
|
192
|
Total
|
Rp 96.000.000,-
|
Rp 192.000.000,-
|
Rp 384.000.000,-
|
Ket : Pendapatan =
Produk / Jasa * Jumlah Proyek (Dengan asusmsi laba Rp 2.000.000/proyek)
Bagian III : Rencana
Bisnis
1.
Ringkasan Eksekutif
Online Shop
House membantu individu dan lembaga
(swasta) untuk mengembangkan sayap bisnisnya dengan lebih luas di dunia cyber. Kami berkomitmen pada kepuasan
pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami. Memahami kebutuhan para
pebisnis, kami meyediakan layanan / jasa pembuatan toko online dengan
sistematika transaksi yang mudah, efektif dan efisien. Kami juga menyediakan
layanan Customer Service untuk
membantu pelanggan mengoperasikan roda bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi
informasi. Tagline kami Online Shop house
: Commited to You menjamin totalitas kami dalam memberi pelayanan terbaik
bagi pelanggan.
2.
Pasar dan Peluang
Sekitar 70juta pengguna internet di Indonesia yang
berkomitmen mengembangkan sayap bisnisnya dengan memanfaatkan kemajuan
teknologi informasi.
3.
Model Bisnis
3.1
Apa, Siapa dan Mengapa
Kami menyediakan jasa pembuatan toko online dengan
spesifikasi dan presisi tingkat tinggi yang berorientasi pada kepuasan
pelanggan. Kami menyediakan layanan yang dapat membantu para pelanggan untuk
mengembangkan bisnis mereka secara lebih baik dengan memanfaatkan sarana
teknologi informasi.
Pelanggan kami adalah para entrepreneur yang secara kreatif mau memanfaatkan teknologi
informasi untuk pengembangan bisnis mereka
Toko online sudah selayaknya menjadi perhatian para entrepreneur karena terbukti memiliki
prospek jangka panjang yang sangat baik untuk sarana pengembangan bisnis.
Internet memastikan seorang entrepreneur
dapat berinteraksi secara real time
dengan para pelanggannya. Dengan waktu dan jangkauan geografis yang unlimited, internet menjadi pangsa pasar
yang tidak bisa dianggap remeh. Karena siapa yang mengabaikan teknologi
informasi akan tertinggal. Abad 21 adalah abad teknologi informasi.
3.2
Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
1.
Jangkauan bisnis
dan pangsa pasar yang unlimited
2.
Tidak terikat waktu
3.
Transaksi
elektronik secara otomatis
4.
Efektif dan efisien
5.
Berorientasi Customer Satisfaction
6.
Menjangkau semua
kalangan : Menengah & Atas
7.
Berada dalam
momentum yang tepat : Kemajuan Teknologi informasi
8.
Potensi laba tinggi
sehingga menyehatkan investasi
Weakness (Kelemahan)
1. Bidang usaha yang baru dirintis sehingga memiliki banyak
kelemahan terutama dalam manajemen dan operasional
Opportunity (Peluang)
1. 70Juta lebih pengguna internet di Indonesia sebagai calon
pelanggan
2. Berkembangnya teknologi informasi
3. Kenyataan dan kesadaran masyarakat bahwa teknologi
informasi sangat memiliki andil dalam menunjang kemajuan berbagai bidang
kehidupan terutama dalam bisang ekonomi / dunia bisnis.
Threat
(Ancaman)
1. Munculnya kompetitor-kompetitor baru di bidang yang sama
2. Potensi timbulnya chaos
di luar kendali manajemen
4.
Strategi Pemasaran
4.1 Strategi
Product
Kami berorientasi pada kepuasan pelanggan, maka dari itu
kami menyediakan produk yang sangat sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam
upaya mengembangkan bisnisnya dengan sarana teknologi informasi berupa toko
online. Kami mendahulukan audiensi sebelum proses produksi untuk mengetahui
keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga kami dapat menghasilkan produk
terbaik bagi pelanggan. Online Shop House
Always Listening Always Understanding.
4.2
Strategi Distribusi
Setelah proses pemesanan selesai dilakukan dan produk
telah selesai dikerjakan, langkah selanjutnya adalah distibusi produk kepada
pelanggan. Metode pendistribusian dilakukan dengan cara yang telah disepakati
oleh kedua belah pihak baik online
maupun offline.
4.3
Strategi Promosi
Promosi kami lakukan dengan meminta testimoni dari
pelanggan tentang kesan mereka terhadap Online Shop House. Kami mem-PR-kan
testimoni mereka di jaringan pemasaran kami di berbagai social media dan
website ternama. Kami menjaga citra dengan tidak melakukan promosi di sembarang
tempat yang berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat alias promosi sampah.
4.4
Strategi Harga
Kami menyediakan produk/jasa dengan harga yang
terjangkau. Harga ditentukan oleh tingkat kerumitan produk yang diminta oleh
calon pelanggan. Kami menyediakan diskon khusus pada waktu-waktu tertentu dan
hadiah / doorprize bagi para pelanggan. Kami juga menyediakan harga khusus bagi
pelanggan tetap kami dan bonus sebagai apresiasi bagi para pelanggan yang telah
merekomendasikan Online Shop House
kepada rekan-rekannya untuk menjadi mitra kami.
5.
Perencanaan operasional
5.1
Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Selama 1 Tahun
Dibutuhkan minimal 1 karyawan dalam satu tahun dan harus
bertambah satu karyawan setiap tahunnya untuk menangani komplesitas
perkembangan Online Shop House dari masa ke masa.
5.2
Manajemen Waktu Selama 3 Tahun
Kami menggunakan jam kerja secara teratur sebanyak 8 jam/
hari. Online Shop House juga
menerapkan berbagai aturan tentang manajemen waktu demi efektifitas dan
efisiensi kerja perusahaan. Kami mengalokasikan banyak waktu untuk media
pemasaran karena pemasaran adalah nadi dalam bisnis kami. Kami juga membuat
target untuk produktivitas perusahaan sebagai berikut :
Tahun 1 :
4 proyek / bulan
Tahun 2 :
8 proyek / bulan
Tahun 3 :
16 proyek / bulan
6.
Perencanaan Keuangan
6.1
Investasi yang Dibutuhkan Selama 3 Tahun
Investasi yang dibutuhkan untuk memutar roda perusahaan
semakin bertambah setiap tahun. Untuk mengetahui detail angka investasi, dapat
dilihat pada tabel Perencanaan Keuangan
selama 3 Tahun.
6.2
Alokasi ke Biaya Selama 3 Tahun
Alokasi biaya selama 3 tahun meliputi belanja modal, HPP,
gaji karyawan, pemasaran dan operasional. Detail Alokasi ke Biaya Selama 3
Tahun dapat dilihat dalam tabel Alokasi
ke Biaya Selama 3 Tahun.
6.3
Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun
Dengan menerapkan target produksi yang semakin meningkat
tiap tahun, maka potensi pendapatan dapat diproyeksi dengan cukup jelas.
Proyeksi pendapatan dihitung dengan asumsi laba/ proyek rata-rata Rp 2.000.000,-
dengan jumlah proyek yang secara lebih detail dapat dilihat pada tabel Proyeksi Pendapatan Selama 3 Tahun.
LAMPIRAN
Profil Pendiri
:
Marlis Herni
Afridah
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Islam Sultan
Agung Semarang. Terlibat dalam beberapa organisasi baik regional maupun
nasional. Ia adalah presiden HIPMI–Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) Unissula, sebuah
organisasi Mahasiswa tingkat nasional yang tersebar di berbagai perguruan
tinggi di seluruh Indonesia di bawah asuhan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia
(HIPMI). Online Shop House adalah rencana
bisnis pertamanya (ide) yang berbasis TIK. Sebelumnya ia mengembangkan bisnis
di bidang fashion muslimah yang juga dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi
internet sehingga ia mampu menembus pasar para mahasiswi di Malaysia terutama
di kawasan International Islamic University Malaysia (IIUM). Pengembangan
bisnis di bidang teknologi informasi sangat menarik minatnya karena sebuah
kesadaran bahwa abad 21 adalah abad
teknologi informasi seperti yang sering diucapkan sosok inspiratifnya,
Prof. Laode M. Kamaluddin, Ph.D dalam beberapa kali kesempatan obrolan ringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar